Kamis, 18 Desember 2014

MATERI 5.Arsitektur Sistem Operasi

ArsitektuSistem Operasi

1)    Peranan Sistem Operasi DalamStruktur Sistem Komputer

Dalam struktur sistem komputer,Sistem Operasi merupakan perangkat lunaklapisan  pertam yan diletakkan  pada medi penyimpa (har disk)  di komputer.Sementara itu perangkat lunak lainnya berada padai lapisan ke dua. Gamba dibawah  ini menjelaskan  sistem  operasi  dalam  struktur sistekomputer



Computer  hardware  adalah  semua bagian  fisik      dar komputer dan dibedakan  dengan data yan berada di  dalamny atau  yan beroperas di dalamnya, dan   perangkat lunak yangmenyediakan instruksi untuk perangkakerasdalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunakakan sedikit burajika berbicara mengenaifirmware, karenfirmware ini adalahperangkat lunak yang "dibuat" atau di tanamke dalam perangkat keras.
Utilities merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, danmembantu pengelolaan sebuakomputerataupun sistem. Utilitas memfokuskan penggunaannya pada optimalisasi fungsi dariinfrastruktur yang terdapat dalam sebuahkomputer. Fungsi tersebut antara lain backupdata, pemulihan sistem atau data, kompresi data, penanganan virus dll.

aplication programs adalah perangkatlunak aplikasi yang memanfaatkankemampuan komputer langsung untukmelakukan tugas-tugas yang diinginkan pengguna. Pengguna dapat melakukan berbagai hal dengan komputer sepertimengetik, melakukan permainan, merancanggambar dll. Beberapa program aplikasidigabung bersama menjadi suatu paket yangdisebut paket atau suite aplikasi(application suite).Contohnya adalah Microsoft    Office daOpenOffice.org,
Sistem Operasi mempunyai fungsi danperanan yang sangat penting dalam sistemkomputerPeranan dan fungsi sistem operasitersebut antara laiialah :
1. Sebagai  kernel yait progra yang secar terus-menerus     berjalan

(running) selama komputer dijalankan.

2.    Sebagai Guardian: yaitu menyediakankontrol akses yang melindungi file        dan    memberikan    pengawasan    kepada    proses    pembacaan, penulisan atau eksekusidata dan program..
3.    Sebagai Gatekeeper: mengendalikan siapasaja yang berhak masuk (log) kedalamsistem dan mengawasi tindakan apa sajayang dapamereka kerjakan ketika telah logdalam sistem.
4.    Sebagai    Optimizer:     Mengefisienkan    perangkat     keras    komputer sehingga nyaman untuk dioperasikan oleh pengguna,menjadwal input oleh pengguna, pengaksesanbasis data, prosekomunikasi, dan pengeluaran (output) untuk meningkatkankegunaan.
5.    Sebagai Coordinator : menyediakan fasilitassehingga aktivitas yankomplek dapat diatu untu dikerjakan  dala urutan  yantelah disusun sebelumnya.
6.    Sebagai Programm Controller programpengontrol yaitu program yang digunakanuntuk mengontrol program aplikasi lainnya.
7.    Sebagai Server: untuk menyediakanlayanan yang sering dibutuhkan pengguna,baik secara eksplisit maupun implisit, sepertimekanisme akses file, fasilitas interupt.
8.    Sebagai  Accountant mengatur  waktu CPU (CP time) penggunaamemori, pemanggilanperangkat I/(masukan/keluaran), disk storagedawaktu koneksi terminal.
9.    Sebagai interface (antar muka) yangmenjembatani pengguna dengan perangkat keras,menyediakan lingkungan yang bersahabat danmudah digunakan (User Friendly). Sehingga pengguntidak dirumitkan oleh bahasa mesin atauperangkat level bawah
10. Sistem resources manager : yaitu    sebagaipengelola seluruh sumber

daya sistem komputer.

11.    Sebagai     Virtual   Machine,    yang   menyediakan    layanan     sepertimenyembunyikan kompleksitas pemrograman danmenyajikan fasilitas yang lebimudah untukmenggunakan hardware.


2)      Arsitektur SisteOperasi


Arsitektur perangkat lunak adalah merupakanstruktur-struktur yanmenjadikan landasan untukmenentukan keberadaan komponen-komponen perangkat lunak, metode atau cara untukmengelola (organisasikomponenkomponentersebut untuk saling berinteraksi. Komponentersebut merupakan program-program bagian (prosedur, fungsi) yang akan dieksekusi olehprogram utama.
Arsitektur system operasi adalah merupakanarsitektur perangkat lunayang digunakan untukmembangun suatu perangkat lunak sistem operasiyang akan  digunakan  dalam  sistem  komputer. Perkembangan  arsitktu system operasi modernini semakikomplek darumit sehinggamemerlukan sistem operasi yang dirancang dengan sangat hati-hati, cermat datepat agar dapat berfungsi secara optimum dan mudah untukdimodifikasi.
Sistem     operasi      merupakan          kumpulan     dari     program-program(prosedur,fungsi, library dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedulain di sistem bila diperlukan. Sistem pemanggilan program untukmendapatkan layanan dari sistem operasi tersebutdikenal dengan nama System Call atau API(aplication programming interface). Berbagairagam Arsitektur system operasi moderendiantaranya adalah :
1) System Monolitik. 
2)  System Berlapis.
3) System Client/server. 
4) System Virtual mesin dan 
5) System Berorientasi objek.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar